Apa Itu Bisnis Online Affiliate Marketing?

Artikel ini di tulis oleh Adi Nugroho dari Kontenesia.

 

www.shutterstock.com

Begitu mendengar kata bisnis, apa yang langsung Anda pikirkan? Ya, benar sekali, bisnis selalu dikaitkan dengan modal yang besar. Tanpa modal yang besar, bisnis tidak bisa berjalan dengan lancar atau bisnis tidak bisa terbentuk.

Bisnis memang membutuhkan modal besar, tapi tidak semua bisnis membutuhkan banyak bujet. Bahkan, ada bisnis yang hanya membutuhkan keuletan dan strategi promosi yang unik seperti bisnis online affiliate marketing.

Apa Itu Bisnis Online Affiliate Marketing?

Pernah mendengar pekerjaan makelar, tidak? Konsep online affiliate marketing hampir sama dengan makelar. Anda akan menawarkan barang atau jasa milik orang lain ke calon pembeli. Kalau transaksi yang dilakukan oleh pembeli berjalan dengan lancar, Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan kesepakatan.

ada beberapa jenis untuk affiliate marketing diantara nya..

Jenis-Jenis Bisnis Online Affiliate Marketing.

Bisnis online affiliate marketing memiliki beberapa jenis. Masing-masing model memiliki cara promosi yang unik dan mekanisme komisi yang berbeda-beda. Berikut jenis bisnis online affiliate marketing yang banyak dilakukan oleh marketer.

1.Pay per lead (PPL), bisnis affiliate jenis ini akan mewajibkan Anda merekomendasikan barang atau jasa kepada seseorang. Saat orang yang Anda rekomendasikan datang ke web (belum tentu beli), Anda bisa langsung mendapatkan komisi.

2.Pay per sale (PPS), kalau bisnis affiliate jenis PPL hanya mewajibkan Anda membawa calon pembeli ke web/blog, PPS mewajibkan Anda membuat user membeli barang. Kalau barang yang Anda rekomendasikan dibeli, komisi bisa segera diberikan.

3.Pay per install (PPI), pada bisnis affiliate ini, Anda harus merekomendasikan user untuk memasang aplikasi baik di ponsel atau laptop. Aplikasi yang direkomendasikan biasanya berbayar atau premium. Setelah user memasang aplikasi tersebut dari tautan affiliate yang Anda bagi, komisi baru bisa didapatkan.

Inti dari tiga jenis online affiliate marketing di atas adalah merekomendasikan barang atau jasa. Kalau Anda pandai mengajak user untuk melakukan pembelian, komisi yang melimpah bisa didapatkan.

Kelebihan Bisnis Online Affiliate Marketing.

Selain mendatangkan banyak komisi yang jumlahnya tidak sedikit, bisnis online affiliate marketing juga memiliki beberapa kelebihan. Berikut kelebihan itu selengkapnya.

Nyaris tanpa biaya. Anda hanya perlu menggunakan internet untuk melakukan pemasaran di berbagai forum, situs, atau media sosial.

Produk yang dipasarkan banyak. Kesempatan mendapatkan komisi berlipat jauh lebih besar.

Tidak perlu memikirkan stok barang. Anda hanya butuh melakukan promosi saja. Selebihnya akan dipikirkan produsen.

Tidak perlu repot memproses pesanan dan melakukan pengiriman.

Bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, bahkan saat Anda sedang berada di kantor.

Proses promosi berjalan terus, bahkan saat Anda tidur, komisi bisa masuk.

Kekurangan Bisnis Online Affiliate Marketing.

Meski menguntungkan, bisnis online affiliate marketing juga memiliki kekurangan. Perhatikan kekurangannya di bawah ini.

Persaingan ketat. Karena cara kerjanya yang mudah, pelaku bisnis affiliate marketing jumlahnya banyak. Anda harus berjuang memasarkan produk yang dibutuhkan masyarakat. Para pelaku bisnis ini biasanya membekali tautan affiliate mereka dengan konten yang unik dan dibutuhkan masyarakat.

Penghasilan tidak tetap. Penghasilan Anda hanya bergantung pada banyak atau tidaknya orang melakukan pembelian dari tautan rekomendasi yang dipasang. Kalau tidak banyak yang melakukan klik dan beli, untung tidak bisa didapatkan.

Tidak bisa berjalan selamanya. Bisnis ini tidak membuat Anda mampu membangun jaringan atau aset yang bisa digunakan di masa depan.

Berikut uraian singkat tentang bisnis online affiliate marketing. Anda tertarik mencobanya tidak?

baca juga : ide usaha online

semoga bermanfaat..

Bagikan
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *