Sebenarnya Apa Itu Sosial Media Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Artikel ini di tulis oleh Adi Nugroho dari kontenesia.
www.stockvault.net

Apa anda seorang pemula yang ingin mendalami tentang pemasaran online, atau sering kita sebut dengan internet marketing?

…dan sedang ingin tau apa itu sosial media marketing, salah satu model promosi online ?

kalo iyah saya akan ulas kupas tentang..

Apa itu sosial media maketing?

Sosial media marketing adalah proses pemasaran yang dilakukan melalui akun media sosial. Akun media sosial yang biasanya digunakan untuk promosi ini adalah Twitter, Facebook, dan Instagram. Melalui media ini, perusahaan atau brand bisa melakukan promosi yang terstruktur dan tepat sasaran.

Apa yang Dipasarkan dalam Sosial Media Marketing?

Begitu mendengar kata pemasaran atau marketing, kita pasti langsung berpikir tentang iklan yang berisi produk.

Namun, pemasaran dengan media sosial tidak selalu berhubungan dengan jual-beli secara langsung.

Dalam sosial media marketing, Anda bisa memasarkan konten dalam bentuk postingan di web, gambar, atau video.

Konten yang dipasarkan melalui media sosial ini berhubungan dengan barang atau jasa yang akan dijual.

Selain memasarkan konten, sosial media marketing juga memasarkan merek. Maksud dari pemasaran merek di sini adalah mengenalkan merek (secara umum) ke masyarakat secara menyeluruh. Dengan mengenalkan merek dan memberi impresi yang baik, rasa percaya masyarakat akan meningkat dan bisa membesar konversi promosi ke penjualan.

Komponen Penting yang Harus Ada pada Sosial Media Marketing.

Ada beberapa komponen penting yang harus ada dalam sosial media marketing. Anda harus memahami komponen di bawah ini agar proses pemasaran ini berjalan dengan lancar.

1. Fokus ke Sasaran
Sosial media marketing bisa dilakukan oleh siapa saja, asal memiliki akun jejaring sosial, mereka bisa melakukan pemasaran. Namun, pemasaran yang fokus dan tepat sasaran susah dilakukan. Sebelum memasarkan produk ada baiknya menentukan targetnya terlebih dahulu.

Lebih baik melakukan promosi ke 100 orang yang tepat sasaran daripada ribuan orang yang belum tentu mau membaca konten promosinya. Selain itu, promosi ke user yang telah ditargetkan juga bisa meningkatkan penjualan barang.

2. Sabar
Sosial media marketing membutuhkan kesabaran karena peluang menyerahnya seorang marketer besar. Pertama, konversi penjualan tidak bisa dilihat secara langsung. Masyarakat butuh diyakinkan untuk mau membeli. Untuk itu, promosi di sini harus dilakukan secara berkala dan menarik.

3. Memadukan Banyak Platform
Fokus ke satu media sosial memang sangat disyaratkan oleh banyak marketer. Namun, kalau Anda bisa memasukkan beberapa media sosial dengan baik, promosi bisa berjalan dengan lancar. Biasanya pengguna media sosial di beberapa platform memiliki keunikan tersendiri dalam menanggapi promosi. Ada yang suka promosi secara hard selling, ada yang suka promosi ringan, promosi dengan gambar, dan video.

4. Ada Influencer
Selain menghadirkan konten yang bermutu, menggunakan influencer juga bisa digunakan untuk menarik banyak pembeli. Anda bisa menggunakan beberapa selebriti atau selebgram yang dekat dengan masyarakat.

5. Interaksi yang Aktif
Saat menggunakan media sosial, jangan lupakan interaksi dengan masyarakat. Saat ada yang bertanya atau melakukan komplain, Anda harus menanggapinya dengan baik. Interaksi yang aktif akan membuat merek yang Anda miliki semakin dipercaya.

Cara Kerja Sosial Media Marketing.

Sosial media marketing tidak bekerja secara langsung. Konversi penjualan membutuhkan waktu cukup lama karena masyarakat membutuhkan trust atau rasa percaya. Setelah rasa percaya ini meningkat dibarengi dengan strategi yang tepat (misal menggunakan selebgram), penjualan bisa berjalan dengan lancar.

Lamanya proses konversi dari promosi ke penjualan ini membuat banyak marketer tidak sabar. Akhirnya mereka gagal menerapkan cara pemasaran ini meski cukup penting. Agar pemasaran ini bisa berjalan lancar, Anda harus bersabar dan menerapkan metode yang tepat, misal target promosinya jelas dan interaksi dengan masyarakat berjalan dengan baik.

Demikianlah uraian singkat tentang pemasaran dengan media sosial. Semoga, setelah membaca urian di atas, pertanyaan: “Apa itu sosial media marketing?” yang ada di pikiran Anda bisa terjawab.

semoga bermanfaat.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *