Pengertian Lengkap Tentang Bisnis Online Dropship dan Bagaimana Cara Kerjanya

Artikel ini di tulis oleh Adi Nugroho dari Kontenesia.

Punya kemampuan marketing yang hebat, tapi tidak memiliki barang yang dijual? Atau ingin menjual banyak barang, tapi tidak memiliki banyak modal atau tidak ada tempat untuk menampungnya? Jangan khawatir, Anda masih bisa melakukan bisnis itu dengan sistem dropship.

Dengan sistem ini, Anda bisa menjual apa saja dengan mudah tanpa harus memilikinya terlebih dahulu. Cukup lakukan promosi dengan baik dan tunggu barang yang dipesan diproses oleh Gudang atau produsen.

Oh ya, untuk mengenal lebih jauh tentang bisnis online dropship, simak pengertian dan cara kerjanya di bawah ini.

Pengertian Bisnis Online Dropship.

Bisnis online dropship adalah bisnis yang dilakukan dengan melakukan promosi ke calon pembeli yang tertarget. Barang yang dijual tidak berada di gudang atau rumah dari penjual. Barang yang dijual berada di gudang besar milik pabrik atau supplier. Saat ada pesanan masuk, penjual akan meneruskan prosesnya ke gudang utama untuk melakukan pengiriman.

Pada bisnis ini, Anda hanya perlu melakukan promosi dan mencari pembeli sebanyak-banyaknya. Proses pengiriman akan dikirim oleh pihak lain dengan tetap mencantumkan toko online yang Anda miliki. Bisa dibilang, bisnis ini membuat Anda irit tenaga untuk melakukan pengiriman dan pengemasan.

Penghasilan dari bisnis online dropship ini didapat dari seberapa banyak Anda melakukan penjualan. Semakin banyak barang terjual, komisi atau bagi hasil yang didapatkan semakin banyak.

Cara Kerja Bisnis Online Dropship.

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis ini. Berikut urutan selengkapnya.

1.Mendaftar ke salah satu penyedia layanan dropship. Pendaftaran biasanya gratis meski ada beberapa penyedia layanan yang meminta biaya awal kerja sama.

2.Setelah daftar, Anda bisanya akan mendapatkan katalog atau web yang memajang produk berbekal web ini lakukan promosi sebesar-besarnya.

3.Beri layanan terbaik agar closing atau pembelian berjalan dengan lancar.

4Setelah pembayaran dilakukan, Anda bisa melakukan promosi lagi karena barang akan diurus oleh gudang pusat.

5.Barang akan dikirim oleh gudang dengan nama Anda/nama toko yang didaftarkan.

jadi cara kerjanya akan seperti ini.

herunovianto.com

Kelebihan Bisnis Online Dropship.

Bisnis online dropship memiliki beberapa kelebihan yang akan membuat Anda segera ingin terjun ke dalamnya.

Tidak membutuhkan modal yang besar. Berbeda dengan reseller yang kadang membuat Anda harus bayar dahulu atau sistem tempo, bisnis ini tidak membuat Anda membeli barang yang dijual terlebih dahulu. Cukup lakukan promosi dengan baik dan tarik pembeli sebanyak-banyaknya.

Tidak membuat Anda repot melakukan pengemasan dan pengiriman. Karena tidak membutuhkan proses ini, seratus order dalam sehari bisa Anda layani sendirian saja.

Bisnis ini tidak membutuhkan biaya operasional kecuali internet.
Bisa dikerjakan di mana saja dan kapan saja.

Kekurangan Bisnis Online Dropship.

Meski memberikan banyak kemudahan, ada kekurangan dari bisnis online dropship. Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan.

Untung kadang sedikit. Kalau barang yang Anda jual sedikit, penghasilan tidak akan bisa mencukupi kebutuhan harian. Untuk itu, jadikan bisnis ini sebagai sampingan jika tidak mau menanggung risikonya.

Order bisa saja gagal atau telat dikirim karena sistem update stok tidak berlangsung secara real-time.

Sering dapat komplain dari pembeli. Anda menjual barang yang belum tentu Anda lihat dan gunakan. Semua diatur oleh sistem sehingga kalau ada cacat tidak bisa dicek satu per satu.

Inilah uraian tentang bisnis online dropship. Semoga bisa digunakan sebagai pertimbangan sebelum memutuskan untuk mencobanya.

semoga bermanfaat.

Bagikan

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *